Sosiatri 2009, dedicated



                Iseng-iseng gak ada kerjaan online facebook. Terus di bagian home salah satu temen kuliah habis upload foto-foto. Terus liat foto-fotonya. Ternyata itu album yang berisi dokumentasi semasa kuliah. Ah ~ ternyata sudah selama itu waktu berlalu. Tanpa terasa.


                Dulu masih unyu-unyu polos datang ke Jogja dengan membawa sejuta mimpi dan harapan. Menjatuhkan pilihan pada Ilmu Sosiatri FISIPOL UGM. Sekarang? Satu persatu mulai meninggalkan kampus dengan membawa segepok ilmu, siap untuk diaplikasikan. Satu persatu membawa bekal yang selama ini diperoleh di bangku kuliah untuk berpindah pada sesi kehidupan selanjutnya, bekerja.

                Kangen.

                Iya, aku kangen. Kangen suasana perkuliahan. Kangen suasana awal-awal berkenalan. Masih malu-malu tapi mau untuk saling melempar seulas senyum manis. Masih malu-malu tapi mau untuk saling sapa, saling berbincang bertukar cerita.

                Semester 1 2 3 sampai 6 berlangsung dengan berbagai canda tawa, suka duka, pertikaian, debat sana sini bahkan berbagi hati, berbagi perasaan. Yah, namanya hidup, penuh lika-liku.

                Masih nyata terpampang jelas depan mata, sibuk menyesuaikan diri dengan kehidupan perkuliahan. Berbagai tugas yang membuat kita tak berhenti mengeluh dan berkomentar. Semakin tinggi semester yang kita jalani, semakin terbiasa pula dengan beban tanggung jawab yang harus diemban. Bahkan masih terekam jelas ketika kita pertama kalinya hang out bareng. Bukit bintang menjadi destinasi kita.

                Masih teringat jelas ketika kita akhirnya menginjak semester 4, semester yang katanya cukup menyebalkan karena adanya Praktikum 1. Rela begadang semalaman demi menyelesaikan proposal sesuai tenggat waktu. Celotehan, sumpah serapah, keluhan, omelan mewarnai hari-hari praktikum. Ya, semester 4 seakan-akan kita hanya kuliah 1 mata kuliah, Praktikum 1. Hahahaha. Bahkan pada saat turun lapangan rela jam tidur berkurang drastis demi coding dan input data. Masih ingat kita melek dari jam 7 pagi sampai jam 7 pagi esok harinya? Muterin pasar seni Sukawati yang luas itu demi mendapatkan 5 responden? Rela merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk membeli dagangan responden? :’)

                Ternyata semester 4 bukan yang paling menyebalkan. Masih ada semester 6. Semester di mana tenaga kita benar-benar dikuras habis. Praktikum 1, EPP, KKN. Jangan heran kalo banyak dari kita rada-rada oon gimana gitu apalagi kelar ujian. Nyawa tinggal separuh ~ pfft masih inget deg-deg an nya mau ujian lisan EPP? Ujian lisan praktikum 2? Ngebut garap laporan praktikum sama EPP? Dimarahin Pak Adam? :’)

                Kemudian kita KKN, masing-masing dari kita berpencar di seluruh nusantara, menggali pengalaman  baru.

                KKN berakhir, selamat datang semester 7. Semester di mana sebagian besar dari kita tak lagi mengambil mata kuliah. Semester di mana sebagian besar dari kita mulai sibuk mengerjakan skripsi. Intensitas kita untuk bertemu semakin berkurang. Kesempatan kita untuk bertemu semakin langka.

                Sekarang semester 8. Satu persatu dari kita mengenakan stelan putih hitam serta dasi hitam. Satu persatu mulai diuji untuk mempertanggung jawabkan tugas akhir yang berhasil diselesaikan. Berapa orang yang sudah lulus? Entah, saya lupa. Saya mulai kehilangan jejak.

                Yah, sepotong kenangan yang mendadak melompat-lompat dalam benak. Sepotong kenangan yang menari-nari meminta untuk dikenang.

                Kalian adalah teman yang baik, sangat baik, Sosiatri 2009. Kalian keluargaku. Terima kasih tak terhingga atas kebersamaan yang selama ini kita jalin. Terima kasih tanpa batas atas setiap pengalaman yang kita rasakan bersama. Atas suka duka, canda tawa, perdebatan. Semua itu mendewasakanku, dan mendewasakan kita semua. Semoga kita sukses di jalan masing-masing yang telah kita ambil.
               



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidney Sheldon’s Mistress Of The Game, Penguasa Berlian.

Beelzebub part 1

Chiffon Cake