why do I work?


“Nek ra kerjo, ra tuku skinker”

Sebuah kalimat yang diunggah oleh salah satu akun tersambat abad ini wkwkwk

Ya bener. Untuk banyak cewek-cewek milenial, gak kerja gak beli skin care. Sekarang padangannya mulai bergeser, dari yang perempuan masih dianggap aneh kalo kerja, saat ini wanita justru sangat boleh bekerja. Untuk apa? Ya macem-macem alasannya. Yang membantu ekonomi keluarga lah, menghidupi diri sendirilah. Bebas. Selama itu baik.

Bagi saya pribadi, saya bekerja ya salah satunya karena saya nggak mau dan nggak suka menganggur. Pernah nganggur selama kurang lebih 3 minggu pasca proyek riset selesai dan menunggu proyek selanjutnya. Beberapa hari pertama sih asik aja, gak ada beban untuk bangun pagi terus ke kampus. Gak ada beban mikir “aduh respondennya masih kurang” atau “aduh hari ini mau wawancara siapa” atau “aduh laporan belum selesai olah datanya”. Bisa santai nonton serial-serial yang terlupakan selama riset.

Setelah beberapa hari? Insecure, sis! Beneran deh. Badan sakit semua karena memang minim gerak. Mau keluar ke mana-mana males karena pasti butuh modal duit buat keluar. Lha kalo gak ada proyekan ya berarti saya gak punya pekerjaan dan berarti pula saya gak punya pendapatan HAHAHAHAHAHAHAHA

Balik lagi ke alasan saya kerja. Alasannya lainnya ya saya pengen bisa menghidupi kebutuhan dan gaya hidup saya sendiri. Puji Tuhan sekarang tercapai. Saya bisa memenuhi kebutuhan hidup saya sendiri. Bisa membiayai gaya hidup saya sendiri, yang untungnya tidak jauh berbeda dengan saat saya masih berstatus mahasiswa.

Dengan saya bekerja, saya gak perlu lagi merepotkan orang tua untuk kebutuhan hidup saya. Bahkan hal ini sudah saya lakukan sejak 2016. Waktu itu saya statusnya masih mahasiswa sekolah pascasarjana. Tapi orang tua selain membiaya biaya pendidikan yang enggak murah itu (6,5juta untuk satu semester yang isinya Cuma tesis doang), sudah enggak ngirimin bulanan secara rutin. Uang bulanan dikirim setiap 2-3 bulan sekali. Waktu itu saya Cuma ikut proyek-proyek kampus yang pekerjaannya tidak mengganggu progress tesis. Dari proyek-proyek tersebutlah saya bertahan hidup ehehe. Harus seperti itu proses yang saya alami. Biar belajar manajemen finansial.

Saya bekerja juga biar bisa beli-beli buku HAHAHAHAHAHAHAHA di postingan saya yang lain udah ketauan kalo saya itu kutu buku. Selain hobi baca, saya juga hobi koleksi buku yang saya baca. Sejak 5-6 tahun yang lalu saya lebih sering membeli buku berbahasa inggris dan itu tidak murah sodara-sodara. Ya nabung kalo mau beli.

Orang tua sejak saya lulus SMA udah sangat jarang membelikan buku di luar literature kuliah. Terakhir yang dibelikan waktu itu Harry Potter 7 bahasa Indonesia. Pre order di Gramedia sebagai hadiah ulang tahun. Pas kuliah sempat dibelikan 1 atau 2 novel Bahasa inggris. Otherwise? My piggy bank was well spent. Hahaha

Waktu masih di jogja, saya punya prinsip ‘mending gak nonton bioskop daripada gak beli buku’. Tanpa saya sadari, di tahun – tahun akhir di Jogja, saya sama sekali gak nonton bioskop. Film yang terakhir saya tonton itu The Conjuring tahun 2013. Masuk biskop lagi nonton Justice League tahun 2017 ahahaha. Film berikutnya Mission Impossible: Fallout tahun 2018 dan belum nonton bioskop lagi sampe sekarang. Biar pas setahun HAHAHAHAHA

Selain buku, dengan bekerja mimpi saya untuk berlibur semakin nyata. Walaupun mungkin liburannya budget style yah. Karena setelah liburan pun saya masih butuh menghidupi diri sendiri. Jadi tabungan gak dihabisin gitu aja.

Sebagai seorang penggemar maz-maz (sekarang sih era dedek dedek gemez) idol Korea Selatan, istilahnya fangirl dan fangirling, saya kerap membeli album atau dvd. Dan itu hal yang GAK MUNGKIN BAPAK IBUK SAYA BELIKAN. Mana mau mereka beliin saya album-album korea. Wong novel seharga 120ribu rupiah aja gak dapet kok. Lha album harganya mana ada 120rebu. Setidaknya 250rebu. EHEHEHEHEHEHE

Saya bekerja juga karena gak mau effort saya kuliah bertahun-tahun terbuang sia-sia ehehehe. Setidaknya, di tempat saya kerja sekarang saya bisa mengembangkan diri sih. Contoh sederhana, saya se-berani dan cukup nekat untuk mengirimkan abstrak di ajang seminar nasional. Eh lolos abstraknya. Terbang deh ke pontianak untuk presentasi. Contoh kedua, saya juga cukup nekat mengirimkan abstrak pas ada call of paper International Consortium for Social Development. LOLOS DONG SAUDARA-SAUDARA huhuhu I cri. Walaupun ngerjain papernya sampe bergadang seminggu yah wkwkwkwk. Acaranya di Jogja sih. TAPI KAN SKALA INTERNATIONAL YA HALO. Oke, gak santai.

Di tempat kerja yang sekarang, belajar kehumasan. HAHAHAHAHA. Padahal dulu jaman kuliah tiap semester genap selalu berusaha ambil matkul Humas di Komunikasi sebagai mata kuliah lintas jurusan tapi gak pernah dapet. Kelasnya penuh. Hih sebel. Akhirnya ngambil di Politik Pemerintahan sama Sosiologi.

Sekarang gak tau kenapa lagi demotivasi. Demot, singkatnya. Rasanya males banget buat kerja. Tapi ya gak sampe bolos juga sih. Ngerjain apa-apa tuh males bawaannya. Masih pertengahan tahun tapi yang ada dipikiran tuh rencana liburan pas musim gugur wkwkwk. Di kantor kalo pas selo (dan emang sering selo) isinya ya browsing hostel lah, guest house lah, Airbnb lah. Sama rajin-rajin ngecek skyscanner liat harga tiket hahaha

Nggak tau kenapa, tapi lagi merasa jenuh aja gitu. Kadang ngobrol sama temen, hidup kok gini-gini amat. Kerja kok gini-gini amat. Tapi, I swear we never comparing ourselves to other people. Ya Cuma berkeluh kesah aja karena lelah. Gak ada sama sekali dalam pembicaraan terucap “kerja di sini enak dapat lalalala” atau “si A B C D liat deh kerjanya enak banget gak kayak kita”. No. not even once.

The only thing that keeping me to go through all of my problems is my mom, dad, and brother. They always cheer me on. No matter how bad my conditions are. Karena saya gak mau lihat mereka kecewa.

Oh, sama rencana liburan membuat saya bertahan. Though the struggling is real. Keep going. I can do it.

Ps: untuk video youtube, menyusul ehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidney Sheldon’s Mistress Of The Game, Penguasa Berlian.

Beelzebub part 1

Chiffon Cake