Danur (bukan novel misteri)


Judul     : Danur
Pengarang: Risa Saraswati
Penerbit: Bukune
Tahun   : 2011
Harga: Rp. 30.000,-






Sinopsis:
Jangan heran jika mendapatiku sedang berbicara sendirian atau tertawa tanpa seorang pun terlihat sedang bersamaku. Saat itu mungkin saja aku sedang bersana salah satu dari lima sahabatku.

Kalian mungkin tak melihatnya… wajar. Mereka memang tak kasat mata dan sering disebut… hantu. Ya, mereka adalah hantu, jiwa-jiwa penasaran atas kehidupan yang dianggap mereka tidak adil.

Kelebihanku dapat melihat mereka adalah anugerah sekaligus kutukanku. Kelebihan ini membawaku ke dalam persahabatan unik dengan lima anak hantu Belanda. Hari-hariku dilewati dengan canda tawa Peter, pertengkaran Hans dan Hendrick-dua sahabat yang sering berkelahi-alunan lirih biola William, dan tak lupa: rengekan si Bungsu Jahnsen.

Jauh dari kehidupan “normal” adalah harga yang harus dibayar atas kebahagiaanku bersama mereka. Dan semua itu harus berubah ketika persahabatn kami meminta lebih, yaitu kebersamaan selamanya. Aku tak bisa memberi itu. Aku mulai menyadari bahwa hidupku bukan hanya milikku seorang.

Namaku Risa. Aku bisa melihat “mereka”. Dan “mereka”, sesungguhnya, hanya butuh didengar.

*******


Wohhhh… akhirnya saya bisa mempostingan review novel ini. Setelah sekitar 2 bulan berusaha ngumpulin niat ingatan saya yang tercecer setelah baca novelnya secara ilegal di gramedia, numpang baca you know super gak modal emang. Salah satu sepupu saya membeli novel ini setelah berhasil saya hasut. Hahahaha =D jadinya saya bisa baca ulang hehe
Saya tau Danur awalnya dari video YouTube “Story Of Peter”. Terus kan saya kepo rasa ingin tahu nya tinggi nih, saya iseng googling siapa itu Risa Saraswati. Dan tadaaa saya nemu blog pribadinya Risa. Berhubung saya seorang blog walker, langsung ubek-ubek itu blog nya. Hehe :3 terus nemu deh tentang danur.
Ternyata “danur” itu sendiri ada artinya lho. Artinya cairan yang keluar dari sesosok mayat. Kamfret. Serem amat -______-“ apalagi ulasan beberapa orang (saya lupa siapa aja) tentang Danur, kok kesannya serem banget. Maju mundur mau baca. Tapi rasanya penasaran menang. Hahaha
Setelah saya baca…. KOK BEDA DENGAN EKSPEKTASI SEMULA? Wohhh…. Ternyata gak serem-serem amat. Tapi kalo dibaca malem-malem gini ya tetep serem sih. Cih ~
Kalo udah baca blog nya Risa, pasti gak asing deh sama gaya bercerita Risa. Apa yang ada dalam novel danur ini beberapa pernah dipublikasikan di blog nya.
Novel danur ini tak hanya berisi kisah keseharian Risa dengan sahabat hantunya. Tapi juga bercerita mengenai pengalaman Risa di”curhatin” hantu-hantu. Lebih tepatnya bercerita tentang hasil curhatan si hantu ke Risa.  Well, hasil curhatannya beberapa bisa dijadikan pelajaran sih ~
Ya, Risa memiliki kekuatan, lebih tepatnya kemampuan untuk berinteraksi dengan makhluk-makhluk kasat mata, atau apa yang sering kita sebut dengan hantu.
Sebagian besar hantu yang diceritakan Risa merupakan hantu-hantu berkebangsaan Belanda dan mereka hidup di jaman kolonial kurang lebih saat Belanda masih berkuasa di Indonesia sampai pada saat invasi Jepang. Dalam novelnya, Risa banyak menceritakan kisah tragis para hantu ketika mereka masih hidup dan kemudian meninggal dunia. Yah, kurang lebih sama dengan yang ada di blog nya sih.
Cara bercerita Risa yang lugas tanpa perlu bertele-tele, membuat saya cukup bisa menikmati setiap kisah yang tersaji. Walaupun pada akhirnya saya pengen mewek. Habis cerita-ceritanya banyak yang bernuansa sedih (oke ini lebay. Saya biasa aja gk pengen mewek)
Sebagai contoh kisah ketika Risa didatangi hantu seorang PRT yang meninggal akibat bunuh diri. PRT ini mengakhiri hidupnya setelah tidak sanggup, dan terlalu malu menanggung beban hidupnya. hamil tanpa ada lelaki yang mau bertanggung jawab. Wanita PRT ini bunuh diri dengan cara gantung diri. Pada akhirnya dia menjadi arwah penasaran dengan rasa penyesalan yang mendalam. Intinya sih jangan bunuh diri. Karena bunuh diri itu arwahnya tidak diterima di alam baka  dan alam manapun, jadinya gentayangan gituuu..
Kisah pilu lainnya mengenai Samantha, hantu gadis Belanda yang meninggal karena sakit. Sendirian, tanpa keluarga, hanya pembantunya saat dia meninggal. Samantha bercerita bagaimana setianya si pembantu rumah tangga mengurusi dirinya yang sakit keras. Padahal si Samantha sendiri tidak menaruh hormat sama sekali terhadap pembantunya itu. Ya maklmum, didikan kolonial gituu. Kedua orang tua Samantha pulang kembali ke Belanda untuk mencari obat bagi penyakit Samantha. Hanya saja sampai Samantha meninggal, kedua orang tua nya tidak pernah kembali. samantha tidak tau dimana keberedaan kedua orang tuanya. Apakah masih hidup atau sudah meninggal.
Ada juga kisah ketika Risa dirasuki arwah gadis penasaran saat berada di Jogja. Jogja lho Jogja! hehe
Dan masih banyak kisah-kisah tragis lainnya.
Tapi gak semua kisah dalam novel ini bernuansa sedih-sedih. Ada satu bab yang cukup membuat saya bergidik ngeri -___-“. Bab di mana Risa mengisahkan dirinya berusaha memutus hubungan dengan dunia “tetangga”. Risa bertingkah seakan dirinya sama dengan orang-orang normal lainnya. Hanya saja semakin Risa berusaha, semakin gencar pula hantu-hantu berusaha menarik perhatiannya. Dan hantu-hantu ini menampakkan diri dengan wujud mereka yang mengerikan. Siyal, saya jadi ikut ngebayangin si hantu pas gangguin Risa..
Pada akhirnya novel ini seperti ingin memberi gambaran baru mengenai hantu-hantu yang selama dianggap mengerikan dan menyebalkan. Tapi melalui Risa, anggapan seperti itu sedikit banyak mulai bergeser. Hantu-hantu tak selamanya semenyeramkan yang selama ini digambarkan. Sebagian besar dari mereka bahkan mau menjalin hubungan pertemanan seperti yang dilakukan Risa dan teman-teman hantunya.
Tapi tetep aja sih, saya merasa takut buat ketemu makhluk dari alam “tetangga”. Mit amit jabang bayi deh kalo sampe liat. Hihh.. diganggu aja udah cukup ngeri (pengalaman jaman SMA).
Well, selamat menikmati setiap kisah alam “tetangga’ yang disajikan Risa dengan apik dalam novel Danur. Dan selamat memiliki pendangan baru mengenai para hantu. Hehe :D
Oh ya, saya bonusin nih MV nya Risa, Story Of Peter. Cheers!


Sepertinya saya menang tantang malam ini. Hahahahahaha =D nanananana terima kasih deretan lagu BigBang yang berhasil mengusir rasa merinding yang sempat dirasakan awal menulis. huehhh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidney Sheldon’s Mistress Of The Game, Penguasa Berlian.

Chiffon Cake

Beelzebub part 1