Love in Seoul: Persiapan Sebelum Berangkat

Postingan lalu saya cerita tentang proses pengajuan visa. Kali ini mau cerita tentang persiapan sebelum berangkat.


Perjalanan saya selama 9 hari, mulai 30 Januari hingga 8 Februari. Cukuplah, gak terlalu lama, dan gak singkat juga hehehe walaupun sebenernya……. BELUM PUAS WOE wkwk

Sebagai manusia tropis, tentu saja saya gak bisa bayangin betapa dinginnya Korea Selatan di bulan Januari. Sepupu saya yang sedang kuliah di Korea Selatan bilang kalo Januari itu justru puncaknya musim dingin. Jujur, di awal Januari saya agak ngeri sama suhunya yang gak pernah lebih dari 4˚C. Bahkan lebih sering minus. Lah saya aja kena Ac 16˚ langsung ngumpet di balik selimut hahahaha.

Tips: di aplikasi accu weathermu, tambahin Kota Seoul dan Incheon, dan kota lain di Korea Selatan untuk tahu cuacanya gimana dan perkiraan seminggu ke depan. Gak kayak di Indonesia, perkiraan cuacanya lebih akurat. Hehe

Untuk pakaian, saya gak belanja banyak. Cuma beli heattech aja atau longjohn di Uniqlo. Saya beli 2 jenis, heattech long sleeve yang biasa sama yang extra warm. Ada sih yang ultra warm. Tapi jauh lebih mahal. Hahaha. Gak beli jaket padding, males. Hidup di wilayah tropis ini. Jadi untuk menahan dingin, saya pake jaket outdoor lungsuran bapak. Hahaha mayan kan hemat $$$ LOL. Syal saya beli di Coldwear yang ada di Lotte Avenue. Saya juga beli kaos kaki heattech di Uniqlo dan kaos kaki tebal di Sox Galery buat tidur.

Pas berangkat, saya langsung pake longjohnya baru pake waffle sweater. Saya bawa tote bag buat nyimpen jaket sama syal, di ransel gak cukup soalnya hahaha. Jadi pas kedinginan gampang buat ngambil jaket sama syalnya.

Susunannya jadi longjohn atas bawah – kemeja flanner/sweater-jaket outdoor – syal- sarung tangan. Pas.

Selain belanja kebutuhan musim dingin, yang terpenting beli tiketnya dooong. Sejak tahu visa saya approved, saya jadi rajin cek harga tiket di Traveloka, Skyscanner, tiketdotcom, dan media lainnya. Bandingin harga cyiin. Beda tanggal bisa beda harga soalnya. Cari promo juga, tapi gak pas jadwal terbangnya.

Cari tiketnya tuh mulai dari single trip sampai roundtrip (yang bakal muncul tulisan smart combo). Banding-bandingin harganya. Jadi saya memang ada rencana ke Busan, nah saya cari tiketnya round trip Jakarta-Seoul dan multicity Jakarta-Seoul-Busan. Ada yang smart combo alias tiket round trip kok di traveloka. Kalo tiketdotcom terakhir maren sih Cuma 1 kota aja gak bisa multicity.

Tips: sering-sering buka OTA atau skyscanner buat liat harga hahaha. Jangan takut untuk nyari multicity karena bisa aja lebih murah dan dapat dua kota. Hehehe. Usahakan sehari searching beberapa kali biar tahu harga termurah berapa. Pengalaman kemarin kalo nyari di jam produktif itu harga tiket lebih mahal daripada nyari di jam sepi. Hehehehe

Akhirnya saya memutuskan pake maskapai Thai Airways transit Bangkok. Sebenernya pengen pake maskapainya Korea sih kayak Korean Air atau Asiana. Tapi kurang efektif gitu. Dan Thai Airways ini full service flight ny Thailand terus bagasi 30kg. Wakakaka. Pesawatnya gimana? enak dong! hahaha

Selain tiket, saya juga beli asuransi perjalanan. Ya tau sendiri kan isu corona virus kayak apa dan saat saya berangkat di Korea Selatan udah ada 5 kasus. Better safe than sorry. Asuransinya pake Axa Mandiri, yang ternyata gak perlu ke bank, bisa beli online. Hih kesel, udah nyamper ke bank soalnya hujan-hujan :p

Untuk komunikasi dan juga update di media social, saya akhirnya memutuskan sewa wifi aja setelah banding-bandigin pro cons nya dengan simcard. Sewa di Javamifi, yang boothnya ada di Terminal Keberangkatan Internasional T3 Bandara Soekarno Hatta. Saya memutuskan untuk sewa yang paling murah, yang Rp. 30.000,- sehari. Gapapa dah kecepatan menurun kalo udah lebih dari 1Gb. Yang ternyata selama di sana kelebihan kuota 1Gb itu Cuma sekali aja terjadinya dan posisi udah sampe di penginepan. Lagian, situ mau liburan jalan-jalan liat sekeliling atau sibuk nonton video youtube? Saya pake HP Cuma buat apdet social media (penting) sama liat peta dan wasap keluarga hahahaha.

Untung sewa wifi, karena ternyata di tengah liburan saya masih harus bayar tagihan pre order album iKON yang baru, iDecide hehehehe.

Tips: kalo sering menggunakan mobile banking, mending sewa wifi aja. Ada javamifi, Backpackerkorea, dearestjinhee. Pilih yang bisa pick up di bandara sebelum berangkat. Mau sewa di Korea Selatannya juga bisa. Jangan malas mencari tahu sih intinya hehehe. Di Javamifi juga ada simcard, di klook juga ada. Sila install aplikasi klook untuk memudahkan jalan-jalan di kota tujuan hehehe.

Hal penting lainnya yang saya lakukan sebelum berangkat adalah mencari penginapan. Jujur, kalo solo travelling itu nginep jadi berasa mahal. Kalo berdua kan bisa sharing cost hahahaha.

Nyari penginepan di Seoul relative mudah, mulai dari Airbnb sampe hostel banyak banget, menyesuaikan dengan budget yang tricky haha. Misalnya kimchee guesthouse yang punya banyak cabang dan tipe kamar. Beda cerita dengan di Busan. Rada ribet. Hohoho.

Mudahnya bisa cari di booking.com, hotelscombined, agoda, atau tripadvisor. Tapi karena saya dikasih tau ada penginepan lumayan bagus yakni kimchee, saya langsung ke laman resmi mereka kimcheeguesthouse.com.

Akhirnya, saya memutuskan untuk menginap di Kimchee Downtown Guesthouse selama di Seoul dan sewa apartemen Airbnb selama di Busan. Dua-duanya menyenangkan! Hahahaha

Tidak lupa, saya tukar duit dulu sebelum berangkat. Minimal buat bayar penginepan di Seoul, transportasi dan makan pas nyampe Seoul hehehe. Saya nuker di Haji La Tunrung. Mayan kok ratenya. ehehe

Segela keperluan sudah lengkap, yuk berangkat! ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sidney Sheldon’s Mistress Of The Game, Penguasa Berlian.

Beelzebub part 1

Chiffon Cake